Development of IR in Indonesia

Jumat, 08 April 2011


Kali ini saya akan memposting tugas kuliah, yah lumayan untuk salin berbagi.. :) Tugas saya ini adalah sebuah review dari paper Bob S. Hadiwinata yang berjudul "Development of IR in Indonesia".

Klik di sini untuk men download Papernya.. :)

Nah ini adalah hasil tugas q.. :)

Tulisan ini merupakan sebuah review dari paper Bob Sugeng Hadiwinata yang berjudul Develoment of IR in Indonesia, di mana makalah nya akan menguraikan sejarah dan perkembangan Hubungan Internasionala (HI) sebagai disiplin di buat indoneIndonesia. Ia berpendapat bahwa meskipun meningkatkan popularitas HI sebagai bidang studi di universitas Indonesia, sarjana HI Indonesia dan akademisi berusaha terlalu sedikit di kegiatan akademis baik domestik maupun internasional, karena mereka jarang menghasilkan makalah akademik, berpartisipasi dalam konferensi internasional, dan menulis artikel jurnal atau buku-buku yang mengembangkan disiplin.

Menurut pandangan saya seharusnya Bob S. Hadiwinata ini mencantumkan biografinya dalam artikelnya karena agar memacu mahasiswa untuk lebih mendalami studi ilmu tentang Hubungan Internasional.

            Seperti yang kita ketehaui bahwa jurusan Hubungan Internasional adalah jurusan yang paling banyak diminati di Indonesia pada jalur Ilmu Sosial, ini membuktikan bahwa jurusan HI ini sudah menjadi jurusan yang memiliki eksklusivitas di kalangan jurusan jalur sosial lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa lulusan lulusannya terkean malas dalam berkontribusi dalam dunia Internasional, padahal subjek para lulusan lulusan Hubungan Internasional adalah konflik atau politik yang terjadi di dunia Internasional tersebut juga. Hal ini jelas menunjukan kualitas lulusan sarjana HI tidak berkualitas.

          Jadi kesimpulannya dari paper BOB S. Hadiwinta ini mengatakan bahwa komersialisasi perguruan tinggi yang menimbulkan paradoks dalam ilmu Hubungan Internasional menyebabkan banyak masalah dalam perkembangan Hubungan Internasional di Indonesia. Seperti yang telah terjadi di Indonesia saat ini akibat pengaruh sejarahnya yang mengikat yang menyebabkan para sarjana lulusan HI yang menuntut ilmu di luar negri, secara sepintas itu menunjukan kemajuan tapi sebenarnya itu tidak membuat HI di Indonesia tidak berkembang, Karena, ketika para sarjana sarjana itu kembali ke Indonesia dari studinya di luar negri, lantas meraka mengajar Hi namun kapasitasnya tidak menunjukan demikian, dimana para pengajar tersebut yang notabenenya adalah lulusan luar negri namun ketika mengajar mereka masih menggunakan bahasa local atau daerahnya sebagai bahasa interaksinya, kalau kita berpikir, apa gunanya jika para lulusan itu mahir dalam bahsa asing namun tidak menerapkannya dalam pengajarannya. Inilah yang sangat disayangkan dari lulusan lulusan HI yang benar benr tidak mengembangkan pengetahuannya dalam HI, mereka masih terikat pada bahasa Indonsia.

                Question:
1. Apa yang dimaksud Bob Hadiwinata bahwa perkemabangan HI di Indonesia mengalami paradoks ?
2. Aliran pemikiran apa yang mempengaruhi perkembangan studi HI di Indonesia ?

                Answer:
1. Maksudnya Bahwa HI di Indonesia mengalami Paradoks adalah jurusan Hubungan Internasional itu semakin diminati oleh  para calon mahasiswa baru, hal ini juga terlihat dari jumlah peminatnya yang tiap tahun bertambah, bahkan dari data tahun 2010 kemarin, peminat jurusan HI menepati urutan teratas dalam jurusan yang paling di minati dalam jalur Ilmu Sosial. Tapi di lain pihak, para lulusan lulusan jurusan Hubungan Internasional ini tidak menjajikan komitmen yang baik, seperti yang sudah di paparkan, mereka para lululusan lulusan HI ini kebanyakan kurang aktif dalam berkontribusi dalam kemajuan jurusan Hubungan Internasional di Indonesia, walaupun ada dari para lulusan luluan tersebut membuat suatu tulisan, namun di sayangkan tulisan tulisan tersebut miskin sekali kualitasnya bahkan mereka pun jarang meghasilkan tulisan demi kemajuan akedemik, apalagi berpartispasi dalam konferensi Internasional, para para lulusan tersebut terkesan malas akan semua itu.
2. Aliran yang mempengaruhi perkemabngan studi HI di Indonesia adalah realis, yang dimana pada awalnya kemunculan HI di Indonesia adalah akibat mahasiswa yang berkesempatan studi di Amerika untuk mendalami Ilmu Hubungan Internasional, itu juga semua agar dapat berdiplomasi dengan baik dan agar dapat mudah berkecimpung dalam dunia Internasional. Dan ada juga sebuah pendekatan Liberalis Amerika, yang juga dimana awal mula munculnya HI di Indonesia di pengaruhi juga ketika persaingan pasar bebas yang terjadi di area pasar modal yang sangat merugikan banyak orang di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar