Ooparts

Jumat, 18 Maret 2011

Banyak mungkin di antara kita tidak mengenal istilah ini. Istilah sering di pakai oleh para arkeolog untuk mengidentifikasi benda benda penemuan yang "keluar dari zamannya". Maksudnya adalah benda benda penemuan tersebut seharusnya tidak bisa dibuat atau tidak mungkin ada pada zaman tersebut, karena setelah di teliti lebih lanjut pada zaman itu, tak ada satupun alat yang dapat membuat benda itu. Oleh karena itu benda tersebut di sebut "keluar dari zamannya", atau lebih kerennya di sebut Ooparts.

Di dunia terdapat bermacam macam O-Parts yang telah di temukan, diantaranya adalah :
  • Tengkorak Crystal


Crsytal Skull merupakan salah satu artifak peninggalan Bangsa Maya yang paling fenomenal setelah Mayan Calendar. Namun kenapa ini di kategorikan O-parts ? Karena pada saat itu seharusnya tak ada alat yang bisa menciptakan tengkorak dari kristal sesempurna itu
  • Phaistos Disk 


Disk dari Phaistos adalah contoh yang paling penting dari tulisan hieroglif dari Kreta dan ditemukan pada tahun 1903 di sebuah ruangan kecil di dekat dari ruang arsip,di sebelah utara bagian timur apartemen istana, bersama-sama dengan tablet A Linear dan tembikar tanggal awal periode Neo-megah (1700 – 1600 SM). Sama halnya dengan tengkorak kristal di atas, tidak ada alat pada zaman itu yang mampu mencetak huruf huruf sesempurna itu.
  • Hieroglyph Mesir


Yang satu ini berasal dari mesir, Hieroglyph ini ada kejanggalan karena dalam Hierologyph itu terdapat gambar yang serupa dengan Helikopter di jaman sekarang, dan di sebelah kananya terlihat sepert peswat terbang. Bagaimana mungkin peradaban beribu tahun yang lalu bisa melihat dan mengetahui kendaraan2 udara sedangkan pertama kali manusia bisa terbang saja pada abad 16an oleh Wright bersaudara.

Dari beberpa Ooparts di atas banyak yang berasumsi bahwa zaman dahulu sebenarnya bisa aja lebih maju daripada zaman sekarang. Jika kita sangkut pautkan dengan Atlantis yang dikatakan sebagai negara yang sangat maju, telah jelaslah bahwa Ooparts ini benar adanya.

Tapi jika menurut Motohiro Kotou Sensei sang penulis komik C.M.B (bagus sekali ini komiknya, hehe), Ooparts yang bener bener Ooparts adalah pitingan Phaistos itu, karena menurut beliau Ooparts yang lain hanyalah buatan manusia di zaman sekarang. Tapi bener atau tidaknya belum ada jawaban yang pasti.

Anyways, semua orang memiliki pendapat yang berbeda sih, kalau saya menganggap Ooparts adalah suatu pesan orang orang zaman dulu kepada kita, mungkin lebh tepatnya adalah harapan mereka untuk kita semua. Jadi, ya... berpikir positif aja. :)

0 komentar:

Posting Komentar